Oleh: Dr. Azi Ahmad Tadjudin, S.HI., M.Ag.
(Mudir Ma'had Uswatun Hasanah Purwakarta)
أنزلت كلها فى قصة واحدة. وذلك أن رجلا من الأنصار يقال له طعمة بن أبيرق بني ظفر بن الحارث سرق درعا من جار له يقال له قتادة بن النعمان وكانت الدرع فى جراب فيه دقيق فجعل الدقيق ينتثر من خرق فى الجراب حتى انتهى الى الدار وفيها أثر الدقيق ثم خبأها عند رجل من اليهود يقال له زيد بن السمين فلتمست الدرعند طعمة فلم توجد عنده وحلف لهم, والله ما أخذها وما له به من علم, فقال أصحاب الدرع : بلى والله قد أدلج علينا فأخذها وطلبنا أثره حتى دخل داره فرأينا أثر الدقيق فلما أن حلف تركوه واتبعوا أثر الدقيق حتى انتهوا الى منزل اليهوي فأخذوه, فقال دفعها إلي طعمة بن أبيرق وشهد له أناس من اليهود على ذلك فقالت بنوظفر وهم قوم طعمة : إنطلقوا بنا الى رسول الله صلى الله عليه وسلم , فكلموه فى ذلك فسألوه أن يجادل عن صاحبهم وقالوا إن لم تفعل هلك صا حبنا وافتضح وبرئ اليهودي حتى أنزل الله تعالى :
إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ وَلَا تَكُنْ لِلْخَائِنِينَ خَصِيمًا
“Seorang pemuda dari golongan Anshar bernama Thu’mah ibn Ubayriq (keturunan Bani Zhafar ibn al-Harits) telah mencuri baju besi milik tetangganya yaitu Qatâdah ibn al-Nu’mân. Baju besi yang dicuri itu berada di dalam kantung terbuat dari kulit yang tertimbun oleh tepung terigu.
Ketika Thu’mah mencabut baju besi itu, otomatis tepung terigu menyembur berserakan memenuhi lantai hingga meninggalkan bekas telapak kaki Thu’mah. Kemudian untuk menghilangkan jejaknya, Thu’mah menyembunyikan baju besi hasil curiannya di rumah Zaid Ibn al-Samin (seorang lelaki dari kelompok Yahudi), hingga ketika Thu’mah di introgasi oleh pemilik baju besi (atas dugaan sebagai pencuri), tidak ditemukan baju besi ada padanya, bahkan Thu’mah bersumpah,” Demi Allah aku tidak mengambilnya dan aku sama sekali tidak mengetahui perihal kejadian ini.”
Pemilik baju besi lalu membuktikan tuntutannya kepada Thu’mah dengan menunjukkan bekas langkah kaki yang terbentuk oleh tepung di atas lantai yang mengarah ke rumah orang yahudi. Kemudian pemilik baju besi itu mengambilnya sebagai barang bukti bahwa Thu’mah adalah pencurinya dan menyimpannya di dalam rumah orang yahudi, sebab pada saat menyimpan baju itu ada seseorang yang menyaksikan kejadian itu.
Hal itupun diperkuat oleh pengakuan orang Yahudi yang membantah tidak mengambil baju besi milik Qatadah. Atas sengketa itu, bani Zhafar (Marganya Thu’mah) tidak menerima atas tuduhan itu, lalu mengajak mereka untuk menemui Rasulullah saw., lalu mereka mengadukan atas tuduhan itu kepada Rasulullah saw.
Atas pengaduan dan penjelasan bani Zhafar, hampir saja Rasulullah memihak pada mereka serta menyalahkan orang-orang yahudi, lantas Allah swt menyingkap tabir kesalahan mereka (bani Zhafar) atas pencurian Thu’mah dengan menurunkan ayat ini.”
إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ وَلَا تَكُنْ لِلْخَائِنِينَ خَصِيمًا
(Jalâluddîn Aby ‘abd al-Rahmân al-Suyûthy, Lubâb al-Nuqûl fî Asbâb al-Nuzûl (Mesir: Dar Ibn al-Jawzy, 2013), halaman. 133-134.)