24 Sep 2015

Berkurban di Hari Raya Idul Adha 1436H


Allaahu akbar!
Allaahu akbar!
Allaahu akbar!
Laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar!
Allaahu akbar!
Walillaahilhamdu...

Hari ini, tepat tanggal 10 Dzulhijjah di tahun hijriah yang ke 1436, seluruh kaum Muslimin di seluruh dunia bersuka cita menyambut Idul Adha, yang diawali oleh peristiwa Nabi Ismail yang rela dikorbankan oleh Nabi Ibrahim a.s. untuk menunaikkan salah satu perintah Allah 'Azza wa Jalla di masa silam.

Setelahnya, di tanggal yang sama seluruh kaum Muslimin menunaikkan ibadah yang sama dengan yang telah ditunaikan oleh Nabi Ibrahim a.s., namun yang dikorbankan adalah hewan-hewan ternak yang disyariatkan untuk diqurbankan seperti sapi, kambing dan unta. Hal ini tentunya ditunaikan sesuai dengan yang telah disyari'atkan oleh al-Qur'an dan dicontohkan oleh Rasulullah saw.

Kini di hari yang sama, setiap tahun ma'had kami rutin menyelenggarakan Shalat Idul Adha dan juga menfasilitasi penyembelihan hewan-hewan qurban serta mendistribusikannya kepada masyarakat.









Alhamdulillaah, seluruh jama'ah dan masyarakat sekitar pondok pesanten mengikuti dengan khidmat prosesi shalat idul adha dan juga khutbah idul adha.















Setelah itu, prosesi penyembelihan hewan-hewan qurban pun dilaksanakan tidak lama setelah shalat id sampai sore hari. Dengan sigap para petugas pemotong hewan qurban menyembelih, memilah dan memotong bagian dari hewan-hewan qurban, serta membagi-bagikannya kepada masyarakat sekitar.


Tidak lupa, jazakumullah khairan katsiran kepada panitia qurban, IST, QST dan semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini dengan lancar. Termasuk para partisipan yang telah mempercayakan penyembelihan dan distribusi daging hewan qurban kepada ma'had Uswatun Hasanah. Semoga amal ibadah yang ditunaikan selama hari raya qurban diterima oleh Allah 'Azza wa Jalla, dan dilipatgandakan segala daya dan upaya baik yang dikerjakan oleh-Nya. Amiin ya rabbal 'aalamiin...

Dokumentasi oleh M. Fauzi Nashrullah dkk.
Disqus Comments