12 Jul 2015

I'tikaf ala Santri Uswatun Hasanah

 
Selepas kegiatan ramadhan di ponpes uswatun hasanah berakhir, para santri diizinkan untuk pulang k kota asal masing2. Namun tidak semua santri pulang, untuk santri senior masih ada kegiatan yang harus diikuti yaitu i'tikaf. itikaf ini dilaksnakan mulai tanggal 20 ramadhan 1436H hingga 25 ramadhan 1436H. beberapa kegiatan yang disajikan adalah dauroh malam, qiyamullail, rembang pagi, dauroh pagi, rembang petang, tarawih dan halaqah berjamaah.
 





Alhamdulillah para santri sangat antusias mengikuti kegiatan ini. diwajah mereka terlihat semangat yang membara untuk mengikuti setiap rumpun kegiatan yang disajikan. Tak hanya itu, kesigapan mereka dalam mempersiapkan kegiatan itikaf pun sungguh luar biasa.






Kegiatan ini diadakan guna membekali para santri senior yang mendekati akhir pendidikan di pondok dan akan bertemu dengan ummat di masa yang akan datang. Selain itu, seperti yang disampaikan oleh kepala program KMI/KMA ust. Azi A. Tajuddin, M.Ag. saat mengisi materi itikaf. Bahwasannya kegiatan ini diberikan untuk santri senior karena santri senior sudah mencapai kedewasaan dan akan didewasakan dengan materi2 yang akan mereka terima.

Hal ini dijelaskan dengan dauroh yang disajikan benar2 bisa membentuk pribadi2 yang islami yang siap mengemban amanah dakwah. Seperti pemahaman makna kalimat thoyyibah, beristiqamah setelah bulan ramadhan, membentuk syakhshiyyah islamiyyah dan masih banyak lagi materi2 menarik lainnya. Dengan harapan setelah ini para santri bisa mengaplikasikan apa yang merka dpatkan dan mereka bisa konsisten mengamalkannya setelah bulan ramadhan ini bahkan untuk seterusnya.
Disqus Comments